Posted by: garutonline | March 20, 2010

Pentingnya Humas Bagi Pencitraan Publik

Wakil_Bupati Garut Dicky Candra

Wakil_Bupati Garut Dicky Candra

Wakil Bupati Garut : Pentingnya Humas Bagi Pencitraan Publik. Disadari atau tidak buruk tidaknya pemerintahan disebabkan karena peran intitusi bernama ‘humas’. Begitu pentingnya peran humas, kemudian terbangunlah sebuah pencitraan pemerintahan. Meski demikian, hingga kini peran itu belum difahami betul oleh para birokrat.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Garut, Rd. Diky Candra, saat bertatap muka dengan para peserta Bimbingan Teknis Pranata Humas di lingkungan Pemkab Garut, Jum’at (19/3), di Hotel Cipanas Indah Garut. Tatap muka itu dilakukan secara mendadak, saat para peserta menyimak pembicara pada acara tersebut.

Diky Candra berharap, para peserta dapat menjadi garda terdepan dalam pelayanan informasi kepada masyarakat, seiring dengan akan mulai diefektifkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Menurutnya, para pranata humas bisa memerankan dirinya sebagai salesman. Ia bisa meyakinkan pembeli bahwa barang itu layak untuk dibeli dengan bahsa yang memikat dan bahsa tubuh yang mengundang pembeli tertarik.

Ia pun menggambarkan bagaimana potensi daerah itu bisa dikemas dengan lehadiran para pelayan informasi, sehingga para pendatang tidak lagi ragu akan potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Garut.

Sementara itu, menurut Kasubag Mutasi Biro Kepegawaian dan Organisasi Depkominfo RI , Darmawan, kegiatan Bimtek Pranata Humas di Garut ini merupakan yang pertama kalinya digelar. Hal ini, menurut dia, sebagai dampak pemberlakuan otonomi daerah.

“Otonomi daerah berdampak pada hubungan komunikasi informasi antara pemerintah pusat dan daerah yang seolah terputus. Begitu juga antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya, terutama masyarakat yang belum faham teknologi informasi dan masih mengandalkan komunikasi konvensional seperti tatap muka langsung dengan publik. Komunikasi ini nyaris sirna,” katanya.

“Yang paling penting adalah ketika di suatu daerah ada pranata Humas berarti ada jaringan komunikasi yang akan memperlancar komunikasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan masyarakat. Karena kita lihat, terlepas dari kemajuan informasi teknologi, bahwa 70 persen masyarakat kita adalah masyarakat yang masih memerlukan informasi konvensional,” tambahnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: